• Program Studi Diploma 3 Mesin  Otomotif Universitas Muhammadiyah Magelang berdiri tahun 2001 dengan ijin dirjen  dikti no.3558/D/T/2001. 


  • Pada Tahun 2007, Program Studi Mesin Otomotif UMM  telah melakukan revisi kurikulum bersama dengan institusi luar, yaitu Lembaga Sertifikasi Profesi Teknik Otomotif ( LSP-TO), Asosiasi Teknisi Otomotif ( ITO ), dan Praktsi pendidikan Vokasi.


  • Kurikulum yang diberlakukan saat ini (SK Rektor Nomor: 081/KEP/II.3.AU/F/2017) merupakan kurikulum yang disusun dan didampingi oleh Direktorat Jenderal Pembelajarandan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) KementerianRiset, Teknologi, dan PendidikanTinggi berdasarkan Kontrak No: 071.17/B2/SPPK/LL/2016. Dimana, Program Studi Otomotif memperoleh hibah pilot project “Implementasi Kurikulum Pendidikan Tinggi Vokasi tahun 2016” (Surat Direktir Pembelajaran Nomor: 1256/B2.1/LL/2016 7 November 2016


  • Proses perkuliahan terutama pada mata kuliah kejuruan dilaksanakan secara terintegrasi antara proses tatap muka didalam kelas, demonstrasi materi di workshop, serta kunjungan bengkel. Proses perkuliahan tatap muka dengan dosen pengampu dilaksanakan di ruang kuliah representative dengan media belajar yang lengkap dan terkoneksi dengan jaringan internet, sehingga dapat mengakses materi materi baru secara cepat dan langsung.


  • Workshop dan laboratorium yang dibuka setiap hari mendukung mahasiswa untuk familiar dengan kegiatan otomotif, menyelesaikan tugas dari dosen, mencari informasi baru, serta melakukan penelitian terapan pada kasus kasus tertentu yang berkaitan dengan penugasan dosen pada mata kuliah tertentu. Program studi menyediakan staff khusus yang selalu hadir di workshop untuk membantu melayani kepentingan mahasiswa.


  • Mulai tahun 2016, program studi memiliki bengkel komersial UNIMMA AUTOCARE